-->

Tips Ngeblog Profesional Dan Irit Modal

Ngeblog memang bukan hal yang absurd lagi ketika ini. Banyak sekali orang yang sudah melek teknologi dan mempunyai blog. Jika dulu profesi blogger ialah profesi yang asing, kini profesi tersebut sudah diakui. Bahkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) blogger sudah diserap menjadi bloger (dengan satu 'g').


Kali ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana sih ngeblog profesional dengan hemat modal. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa ngeblog itu harus pakai modal yang banyak. Memang faktanya kebanyakan ngeblog itu butuh modal banyak, apalagi jikalau waktunya 'naik kelas'. Namun, bukan berarti orang yang bermodal sedikit tidak sanggup profesional. Tetap sanggup profesional. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

Kriteria Ngeblog Profesional

Sebelum berbicara mengenai bagaimana hemat modalnya, penting diketahui bahwa harus dipahami terlebih dulu bagaimana kriteria ngeblog profesional.

1. Punya Domain TLD .COM dan Sejenisnya

Jika kau ingin dianggap profesional dan serius dalam dunia blog, maka konsekuensi yang harus dilakukan ialah kau harus mem-branding blog-mu dengan domain TLD. Domain TLD ini sanggup berupa .COM, .NET, .ORG, .ID, atau sejenisnya. Jangan mengambil domain yang berupa Subdomain TLD menyerupai .web.id, .my.id, dan sejenisnya.

Mengapa harus domain TLD? Kebanyakan pengiklan menginginkan mendapat sinyal tautan dari blog berdomain TLD. Tidak semua loh yah. Tapi kebanyakan. Justru dari sini sanggup disimpulkan blog yang menggunakan domain TLD mempunyai peluang lebih banyak mendapat pengiklan daripada selainnya.

2. Tulisan Unik dan Punya Gaya Sendiri

Jangan pernah berharap sanggup bertahan dengan melaksanakan kecurangan di dunia blog menyerupai menyalin goresan pena orang lain. Jika kau memang ingin menjadi profesional, tulislah goresan pena itu sendiri dengan gayamu sendiri. Jelek? Tidak masalah. Suatu ketika goresan pena kau akan menjadi semakin baik. Semua itu memang perlu latihan.

Saya sendiri dulu ketika menulis satu postingan saja sanggup berhari-hari gres selesai. Sekarang sudah sanggup dalam waktu 30 menit jadi 500 kata. Hal itu tentu saja perlu proses berupa latihan menulis yang lama. Kamu niscaya tahu kan di dunia ini tidak ada yang instan. Bahkan kau tidak eksklusif sanggup berlari ketika keluar dari rahim ibumu. Ada proses yang lama.

Keuntungan dari tulisan yang unik ini akan menunjukkan kesan mendalam tersendiri bagi pembacanya. Bahkan pembaca sanggup berlama-lama di blog-mu dan tidak terasa beliau sudah menghabiskan banyak waktunya untuk membaca tulisan-tulisanmu. Apalagi jikalau tulisanmu ternyata menjadi solusi dari dilema yang dialami oleh pembaca.

3. Tidak Terikat oleh Trafik dan Komentar

Jika kau menulis masih mempertimbangkan trafik dan komentar, tentu kau akan stres sendiri. Menulislah dengan hati, dilema trafik dan komentar itu akan jalan sendiri. Trafik blog memang sanggup menjadi pola blog tersebut digemari oleh banyak orang atau tidak. Namun, ingat itu bukan semata-mata tujuan ngeblog. Untuk apa blog-mu bertrafik tinggi namun tidak menghasilkan konversi yang cantik (berupa uang). Begitu juga dengan jumlah komentar, tidak selalu banyak komentar itu bagus.

Ketika kau sudah usang menyelami dunia blog, kau akan paham bahwa jumlah komentar itu tidak selaras dengan jumlah trafik yang masuk di blog-mu. Kadang seseorang itu malas menulis komentar, meski beliau sudah mendapat solusi dari masalahnya di blog-mu. Selain itu, tujuan komentar sendiri bergotong-royong untuk membantu pembaca berkomunikasi dengan kita sang pemilik blog jikalau ternyata goresan pena kita masih menciptakan pembaca galau atau belum menemukan solusi.

Tips Ngeblog Profesional dan Hemat Modal

Setelah saya menunjukkan beberapa kriteria ngeblog profesional, kini saatnya saya menunjukkan tips hemat modalnya.

1. Beli Domain Saat Promo

Untuk solusi dari kriteria yang pertama ialah kau sanggup membeli domain ketika promo. Mengapa saya menyarankan begitu? Tentu saja alasannya ialah ketika promo, harga domain sanggup sangat murah. Waktu itu saya sempat mendapat harga domain .COM hanya 13 ribu saja. Bayangkan! Padahal harga domain .COM normalnya berkisar antara 120 ribu - 160 ribu. Kamu sanggup berhemat hingga 100 ribu lebih.

Untuk mendapat info promo domain ini, saya sudah menciptakan website khusus mengenai promo domain dan promo-promo lainnya, yaitu promomu.com. Saya sengaja menciptakan website tersebut dengan tujuan untuk memudahkan blogger lainnya mendapat harga domain terbaik dan termurah.

Selain domain, dalam dunia blog kau juga akan mengenal hosting. Harga hosting ini biasanya lebih mahal dari harga domain, apalagi jikalau spesifikasi hostingnya besar. Untuk itu, demi hemat modal, kau sanggup menggunakan Blogger sebagai hosting blog kamu. Blog iskael.com ini juga masih menggunakan Blogger sebagai layanan hostingnya.

Jika suatu ketika kau ingin "naik kelas", kau sanggup mencoba menggunakan WordPress Self Hosted dan mengelola blog di hosting yang kau beli. Tentunya dengan menentukan keputusan ini, kau akan mengeluarkan modal yang cukup mahal.

2. Tulis Apa yang Kamu Suka

Untuk mendapat goresan pena yang unik dan punya gaya sendiri, caranya cukup mudah. Tulis apa yang kau suka dan kau kuasai. Misal kau suka bermain game, kau sanggup menuliskan tutorial atau trik yang ada di game tersebut. Jika kau suka jajan, maka kau sanggup menulis ihwal jajanan yang gres saja kau beli.

Dengan menulis yang kau suka, kau akan lebih gampang dan lebih "mengalir" dalam menulisnya. Yang membaca tulisanmu pun tidak akan merasa wagu. Selain itu, biasanya goresan pena yang benar-benar dari hal yang disuka itu akan lebih gampang menduduki peringkat halaman pertama di pencarian Google. Karena memang goresan pena yang ditulis dengan hati itu lebih disukai oleh banyak orang.

3. Menulis untuk Berbagi, Benefit Hanyalah Bonus

Semua profesional niscaya menyadari hal ini. Semua hal yang dikerjakan sungguh-sungguh tanpa memikirkan laba yang didapat, tentu akan lebih menguntungkan di kemudian hari. Jika memang belum menunjukkan benefit berarti memang belum waktunya memanen. Saat itu berarti kau harus terus berguru dan terus menanam. Ada waktunya panen tersendiri.

Ketika kau menulis untuk berbagi, maka orang lain yang membaca tulisanmu pun tidak akan segan untuk membagikan tulisanmu di media sosial. Efek bagusnya ialah goresan pena tersebut sanggup menjadi viral. Ketika tulisanmu viral, maka trafik akan tiba dengan sendiri, begitu juga komentar. Tak berhenti di sana, pengiklan akan berdatangan silih berganti sesudah itu.

Penutup

Dari beberapa tips ngeblog profesional dan hemat modal ini bergotong-royong masih ada poin lagi. Poin tersebut ialah menggunakan internet yang cepat tapi murah. Memangnya ada? Ada. Kamu sanggup menggunakan paket internet Telkomsel yang harganya 65 ribu (paket TAU). Tahu sendiri kan, Telkomsel ini memang populer cepat dan jaringannya cantik serta di mana saja bisa.

Selain itu, jikalau kau ingin mencari internet yang murah, kau sanggup menggunakan paket internet Indosat Ooredoo Yellow. Saya sendiri sudah mencobanya, harganya cuma 1 ribu per hari untuk kuota 1GB 24 jam. Cukup stabil di tempat Surabaya. Saya juga sudah menulis di sini. Tapi yang jadi masalah, paket Yellow ini dalam masa promo. Saya tidak tahu kapan berakhir dan berganti harga.

Saya sendiri menggunakan metode berhemat lainnya dengan menggunakan paket internet rumahan IndiHome 10Mbps. Karena memang kebutuhan tiap blogger berbeda-beda. Mungkin bagi saya murah alasannya ialah jikalau saya kalkulasi dengan jumlah pengguna gadget di rumah, 250 ribu per bulan + PPN 10% itu bakal menjadi lebih gampang dibandingkan saya paketan biasa. Maka dari itu, sesuaikan dengan kebutuhan ngeblog-mu. Jangan hingga ketika kau pelit modal justru menghambat pekerjaanmu. Kalkulasikan kembali untung ruginya.

Itulah tips ngeblog profesional dan hemat modal yang sanggup saya bagikan. Semoga sanggup menginspirasi kau yang ingin ngeblog tapi dengan modal yang seminimal mungkin. Jika sanggup murah, mengapa harus mahal! Hehe ;)

0 Response to "Tips Ngeblog Profesional Dan Irit Modal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel