-->

Cara Mendidik Anak Usia Dini

Mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Mendidik anak tidak hanya sekedar memberitahukan mana yang benar dan mana yang salah. Namun, anak akan lebih memahami apa yang kita ajarkan kalau kita mencontohkan. Namanya saja mencontohkan, maka kita perlu melaksanakan hal tersebut lebih dulu dan mengajak belum dewasa kita untuk menirunya. Apalagi memang anak usia dini ini yaitu peniru yang ulung. Jika kita melaksanakan hal yang baik, maka anak kita pun akan mengikuti kita dalam berbuat baik. Namun, kalau kita lebih banyak melaksanakan hal buruk, maka jangan kaget ketika kita menjumpai anak kita melaksanakan banyak keburukan, mungkin malah lebih parah dari apa yang kita lakukan.

Dengan mengetahui tipikal anak yang gampang meniru, kita harus tahu apa saja sih yang harus diperhatikan dalam mendidik anak usia dini. Setidaknya ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Hal-hal Penting dalam Mendidik Anak Usia Dini

Ada hal-hal yang terlihat remeh namun sangat mempengaruhi dalam psikologi anak. Untuk itulah perlu adanya perhatian kita dalam beberapa hal berikut ini.

Jangan Pernah Berbohong

Berbohong yaitu perbuatan yang sebagian dari kita menganggapnya yaitu hal remeh. Namun, apakah kau tahu dampak dari kebiasaan berbohong ini? Sangat-sangat besar. Bahkan dalam sebuah hadits Nabi disinggung bahwa mungkin saja seorang muslim itu bakhil (pelit), namun mustahil ada dalam diri seorang muslim itu kedustaan (berbohong). Karena memang agama Islam dibangun di atas nilai-nilai kebenaran dan kejujuran dalam segala aspek. Makara berbohong dalam Islam tidak dapat ditoleransi.

Selain itu kebohongan sendiri ini sangat jelek. Memiliki dampak buruk pada yang berbohong dan yang dibohongi. Oleh sebab itu, jangan pernah kau berbohong. Jika kau satu kali saja berbohong, maka orang lain akan selalu menganggapmu pembohong. Dan tentu saja kau tidak ingin kan anakmu tidak percaya lagi dengan apa yang kau ucapkan. Jika ia tidak percaya dengan ucapanmu, lantas siapa lagi yang akan ia percaya di dunia ini. Anak akan galau mencari sosok jujur yang dapat ia percaya. Hal terburuk lainnya yaitu anak juga akan ikutan menjadi pembohong menyerupai orang tuanya.

Hindari Memukul dan Membentak

Seorang anak kecil kadang menciptakan gemes orang tuanya. Apalagi anak kecil memang biasanya melaksanakan kenakalan-kenakalan yang biasa terjadi pada anak kecil. Sebagai orang bau tanah harus mengedepankan kesabaran dan kasih sayangnya. Ketika anak nakal, jangan pribadi membentak atau memukul anak. Carilah solusi lain yang lebih memperlihatkan bahwa kau sayang padanya. Misalnya kau memanggilnya dengan kasih sayang kemudian memberitahunya. Jika ia belum paham, kau harus bersabar dalam mengajari anak.

Dampak buruk yang akan terjadi ketika kau memukul dan membentak anak yaitu anak akan menjadi orang yang rendah diri dan tidak percaya diri ketika bergaul dengan teman sebayanya. Yang ancaman lagi, perilaku itu akan terus terbawa sampai ia dewasa. Selain itu, dapat saja anak akan menjadi orang yang pendendam pada orang tuanya. Dan itu akan dapat meledak sewaktu-waktu.

Sering-seringlah Memberikan Pelukan

Ketika anak sedang menangis, pelukan orang tualah yang dapat menenangkan dan menciptakan tangisannya berhenti. Dengan memperlihatkan pelukan, anak akan menjadi pribadi yang penyayang juga.

Itulah beberapa cara mendidik anak usia dini. Banyak sekali sesungguhnya cara mendidik anak usia dini yang dapat kau temukan dengan membaca di majalah, website parenting, atau pribadi bertanya pada pakarnya.

0 Response to "Cara Mendidik Anak Usia Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel