-->

Cara Mengecek Saldo E-Money Di Samsung Galaxy J7 Pro

Awal kali beli Samsung Galaxy J7 Pro beberapa ahad yang lalu, aku cukup kebingungan bagaimana sih cara memakai fitur NFC-nya. Pasalnya, fitur NFC ini dapat dipakai untuk mengecek saldo e-Money. Nah, kebetulan aku punya Indomaret Card.


Saya coba-coba ternyata masih belum bisa. Bahkan aku lihat tutorial bagaimana cara memakai NFC untuk mengecek saldo e-Money di YouTube juga tidak kunjung membuahkan hasil. Pantas saja sih tidak membuahkan hasil, alasannya ialah tutorial di YouTube tidak memakai ponsel yang sama dengan punya saya.

Sudah aku tempel-tempel di belakang ponsel, tetap saja saldo Indomaret Card-nya tidak muncul. Karena tidak kunjung membuahkan hasil, jadinya aku tinggalkan. Saya lebih fokus untuk mengeksplorasi bab fitur lainnya di Samsung J7 Pro milik saya.

Setiap ponsel beda-beda letak NFC-nya

Tepat seminggu setelah pembelian ponsel Samsung J7 Pro ini, ternyata istri aku gemes mencari cara mengecek saldo Indomaret Card ini di Google. Ketemulah caranya setelah membaca salah satu thread di Kaskus. Kaskus ini cukup membantu untuk urusan semacam ini. Haha.

Menurut penuturan orang-orang di Kaskus, cara mengeceknya ialah dengan menempelkan kartu Indomaret Card sempurna di sekitar area kamera Samsung J7 Pro. Sebelumnya sih aku mengeceknya malah di bab bawah, pantas saja tidak bisa.

Namun, meski aku taruh di bersahabat kameranya ternyata masih muncul toast "kartu tidak valid". Nah loh, aku kan makin bingung. Tapi tidak masalah. Setidaknya ini menawarkan umpan balik. Sebelumnya malah tidak muncul apa-apa.

Cara Mengecek Saldo Indomaret Card di Samsung J7 Pro

Ternyata, cara yang benar untuk mengecek saldo Indomaret Card di Samsung Galaxy J7 Pro ini ialah sebagai berikut:

  1. Tempelkan dulu kartu Indomaret Card di belakang ponsel sekitar letak kamera belakang. Posisi menempelkan kartunya menyerupai di bawah ini.


  2. Usap ke bawah (swipe down) status bar, kemudian tap pada sajian NFC-nya.


  3. Akan muncul pilihan aplikasi pengecekan kartu NFC, pilih yang kau sukai.


  4. Untuk kasus saya, aku pilih aplikasi e-money info. Lalu secara eksklusif akan memunculkan saldo e-Money Indomaret Card yang kau punya.


Bagaimana, gampang bukan?

Cara Mengisi Saldo e-Money dengan Mandiri Online

Selain mengecek saldo, aku juga dapat menambahkan saldo Indomaret Card saya. Kebetulan aku juga punya rekening Mandiri yang juga diaktifkan fitur Mandiri Online-nya.

Sama halnya menyerupai mengisi saldo Indomaret Card, kartu ditempelkan dulu kemudian diaktifkan NFC-nya. Setelah itu pilih sajian topup. Masukkan sesuai nominal yang diinginkan. Waktu itu aku hanya sekedar iseng saja sih, aku topup saldonya cuma 10 ribu rupiah saja. Ternyata bisa.

Saldo Sebelum Topup

Saldo Sesudah Topup

Resi Transaksi Topup

Ternyata sangat gampang sekali yah. Apalagi topup lewat Mandiri Online ini tidak dikenakan biaya apapun. Berbeda kalau kau topup di Indomaret, dikenakan seribu rupiah tiap kali topup-nya.

Kesimpulan

Di selesai artikel ini, dapat disimpulkan bahwa NFC setiap ponsel itu letaknya beda-beda. Meskipun dikatakan ada di belakang, tapi tepatnya di mana itu masih harus dicari-cari.

Googling dulu yang banyak, sebelum putus asa. Sebelumnya aku cari-cari mengenai cara memakai NFC Samsung Galaxy J7 Pro untuk mengecek saldo e-Money juga tidak menghasilkan hasil yang memuaskan. Oleh alasannya ialah itu, aku sengaja menulis artikel ini untuk memudahkan kalau ternyata ada orang lain yang mengalami kesulitan menyerupai yang aku alami. Dan itu niscaya jumlahnya tidak mengecewakan banyak. Hehe.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat beraktivitas!

1 Response to "Cara Mengecek Saldo E-Money Di Samsung Galaxy J7 Pro"

  1. Makasi ya membantu banget dari kemarin tak cobain gak berhasil2 sekarang udah lancar nfcnya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel