-->

Tips Komunikasi Suami Istri

Tips komunikasi suami istri - Pada dasarnya insan memang diciptakan berpasang-pasangan dan bersuku-suku. Justru dengan fitrah insan yang menyerupai ini, insan dituntut untuk saling mengenal dan berkomunikasi. Komunikasi antarsuku, antarbahasa, dan antarmanusia lainnya memang tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa. Terkadang memang menyisakan problem menyerupai salah paham dan salah mengartikan. Ini yaitu hal yang wajar.


Tak sebatas itu sih, kadang dalam lingkup yang kecil saja, menyerupai suami istri, sering kali menyisakan problem alasannya yaitu salah paham dalam berkomunikasi. Pasalnya memang suami dan istri ini memang terlihat sama, namun hakikatnya mereka mempunyai perbedaan. Suami sebagai pria banyak memilih keputusan memakai otaknya, sedangkan istri sebagai wanita lebih banyak memilih keputusan memakai hati atau perasaannya.

Oleh alasannya yaitu itu, sangat perlu adanya tips komunikasi antara suami dan istri demi mengurangi kesalahpahaman di antara mereka berdua. Berikut ini yaitu beberapa tips komunikasi suami istri yang dapat saya sampaikan menurut pengalaman pribadi. Jika kau yang belum menikah, supaya kau dapat mengambil pelajaran dari hal ini.

Lebih Banyak Mendengar

Orang yang banyak berbicara tidak akan dapat mendengar omongan orang lain. Sedangkan pasangan kita juga ingin didengarkan keinginannya. Kebanyakan pasangan yang mengalami konflik alasannya yaitu merasa lawan bicaranya tidak menawarkan kesempatan pada dirinya untuk mengungkapkan isi hatinya. Untuk itu, jadilah pasangan yang lebih banyak mendengar daripada berbicara. Apalagi bila kau seorang suami, terkadang istri hanya butuh didengarkan saja, tidak perlu solusi.

To The Point yaitu Kunci

Jangan pernah bertele-tele dalam berbicara. Jika ingin A, jangan belok ke B dulu untuk ke A. Langsung saja bicarakan apa yang ingin dibicarakan. Biasanya seorang istri kurang to the point terhadap apa yang ingin beliau sampaikan. Ini terkadang jadi problem yang rumit. Untuk itu to the point saja, lelaki akan lebih gampang memahami istrinya yang to the point dalam bicara.

Jangan Malu Mengaku Salah Walau Tidak Salah

Dalam sebuah pertengkaran suami istri, tidak ada yang salah dan benar. Semua akan terlihat salah di mata seorang istri, walau suaminya benar. Untuk itu, suami cukup mengaku salah walaupun tidak salah. Suami harus sering mengalah. Dengan suami meminta maaf duluan, biasanya istri akan ikut minta maaf. Tujuan dari hal ini yaitu selesainya pertengkaran, bukan menandakan siapa yang benar dan siapa yang salah. Oleh alasannya yaitu itu, bila kau ingin menikah, maka kau harus berguru minta maaf walau tak melaksanakan kesalahan. Ini demi kelanggengan pernikahanmu nantinya.

Itulah beberapa tips komunikasi suami istri yang dapat saya sampaikan. Sebenarnya masih banyak lagi tips lainnya yang ingin saya bagikan. Namun, terlalu panjang bila saya tulis di sini. Semoga tips di atas bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Tips Komunikasi Suami Istri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel